Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) adalah salah satu taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Ditetapkan pada tahun 1980, taman nasional ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. TN Gunung Gede Pangrango terutama didirikan untuk melindungi dan mengkonservasi ekosistem dan flora pegunungan yang cantik di Jawa Barat. Dengan luas 21.975 hektare, wilayahnya terutama mencakup dua puncak gunung Gede dan Pangrango beserta tutupan hutan pegunungan di sekelilingnya.

Paket Pendakian Gunung Gede Pangrango

Mandalawangi Nature Camp menyediakan layanan paket mendakian Gunung Gede Pangrango, dengan pemandu yang berpengalaman, kami menjamin pendakian anda akan lebih menyenangkan dan nyaman.
Paket Pendakina Gunung Gede Pangrango

Topografi dan vulkanologi
Sebagaimana namanya, taman nasional ini memiliki dua puncak kembar, yakni puncak Gede dan puncak Pangrango. Kedua puncak itu dihubungkan oleh gigir gunung serupa sadel pada ketinggian lk 2.400 m dpl, yang dikenal sebagai daerah Kandang Badak. Gunung Pangrango yang lebih tinggi, memiliki kerucut puncak yang relatif mulus, tipikal gunung yang masih relatif muda usianya. Gunung Gede lebih rendah, namun lebih aktif, dengan empat kawah yang masih aktif yaitu Kawah Ratu, Kawah Wadon, Kawah Lanang, dan Kawah Baru.

Titik puncak Gunung Gede terletak di atas tebing atau gigir kawah yang baru, namun gigir ini tak lagi utuh karena telah dihancurkan oleh letusan volkanik yang terjadi berulang kali. Gigir yang lebih tua adalah punggung gunung yang dikenal sebagai Gunung Gumuruh, kawah-kawah dan puncak Gunung Gede yang sekarang terletak pada bekas kawah Gunung Gumuruh lama yang telah punah. Di antara gigir Gunung Gede dan gigir Gunung Gumuruh itulah terletak lembah dataran tinggi bernama Alun-alun Suryakancana, yang penuh tertutupi oleh rumpun edelweis jawa yang cantik.

Iklim
Ada dua iklim yaitu musim kemarau dari bulan Juni sampai Oktober dan musim penghujan dari bulan Nopember ke April. Selama bulan Januari sampai Februari, hujan turun disertai angin yang kencang dan terjadi cukup sering, sehingga berbahaya untuk pendakian. Hujan juga turun ketika musim kemarau, menyebabkan kawasan TNGP memiliki curah hujan rata-rata pertahun 4.000 mm. Rata-rata suhu di Cibodas 23 derajat celsius.

Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi
Telaga Biru, Air terjun Cibeureum, Canopy Trail Ciwalen, Air Panas. Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas, Kandang Batu dan Kandang Badak. Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa.

Mandalawngi Nature Camp sendiri menawarkan beberapa paket wisata Alam yang dapat anda pilih dan nikmati:
Paket Camping Mandalawang Cibodas
Outbound Cibodas
Pendakian Gunung Gede Pangrango
Porter and Guide
Sewa Peralatan Kemping

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami :
Mandalawangi Nature Camp
Kontak : 081510753444 (Angus/Apan)
Kontak : 081573872141 (Gaza)
PIN BBM : 56F6695F
LINE : angus adventure
E-Mail : mandalawanginaturecamp@gmail.com